Skip to content

[Agak OOT] A Senior Process Engineer

April 27, 2009

Pada saat masih kuliah dulu, terus terang aja gue termasuk yg sangat kuper dan gak peduli ttg karir sebagai engineer. to be honest I had ever dreamed a consumer good sales position. ha.ha. or, big cigarette company PR. ha.ha.

sejak masuk tempat gue kerja saat ini, vision gue mengalami sedikit perubahan. gue sedikit banyak jadi lumayan peduli terhadap chemical and process engineering. honestly. saat ini gue pny vision, gue akan jadi someone dalam process engineering. or at least sesuatu yg berhubungan dg chemical engineering lah..

Gue pengen share, apa sih yg dibutuhkan Seorg Process Egineer untuk menjadi Senior Engineer di dunia OG? Gue abis cop-pas email lowongan kerja. let’s take a look deeper to it.

😆 Bachelor degree in Chemical Engineering

S1 saat ini cukup… gue bukannya nyaranin gak ambil S2. tapi kalo cita2nya cmn jadi Sr si gak perlu kok… 

😆 Have minimum 8 years in same position

seperti yg kita tahu, pengalaman dihitung dengan tahun/lama agak absurd, whatever. sekarang yg belum salah2 amat jalur, pergunakan waktu sesegera mgkn untuk memulai mencetak jam terbang.

😆 Having minimum 5 years experience in oil and gas industry (preferably offshore)

ya iyalah… atleast lu punya pengalaman di OG… offshore ni agak sedikit beda dari onshore, jadi seringkali dispesifikkan oleh HR. dan kata org2 practices make perfect.

😆 Having experience in offshore process facilities design, PFD and P&ID development, etc.

😆 Proficient in process engineering calculation i.e. mass and energy balances, hydraulics, equipment, sizing and rating, relief calculations, etc.

jadi buat yg masih kuliah… mgkn bisa lebih di jaga kuantitas bolos pada matakuliah yg mengajarkan point2 diatas.

😆 Having experience in the application of cause and effect diagrams and the use of API standards (API 14C, 520, 521 etc)

ini termasuk yg gak diajarkan dengan gamblang waktu kuliah dulu atau gue yg gak bener2 ngedengerin yah? tapi dengan adanya jam terbang di proyek2 design lama2 belajar juga kok.

😆 Having experience with process system control design and development of control philosophies.

mgkn ada di makul pengendalian process yg mengajarkan logika instrumentasi/perkontrolan proses.

😆 Having experience in the use and application of process simulation software (Hysys, PROII etc)

software ini sebenernya bisa dipelajari sambil jalan asalkan kita tahu konsep perhitungannya. secara manual, maupun yg dipunyai si software. setelah itu bentuk tampilan seperti apapun… kesalahan/kelemahan software seperti apapun, pasti bisa diatasi.

mgkn syarat2 lainnya adalah syarat2 yg umum. seperti good communication skill, bahasa inggris fluent.

7 Comments leave one →
  1. May 29, 2009 7:50 am

    mbak upiii… aku milih blog yang satunya lagi deh.
    pusiiing… hehehehe…

  2. upieks permalink*
    May 29, 2009 9:23 am

    hihihihi…

  3. arioda permalink
    July 20, 2009 11:31 am

    hmm… bener…bener…
    cuman kadang gw masih bingung…
    kadang aneh juga ama sebutan process eng
    coz ada yg naruh process eng tu di production, yang kerjaannya tu “bingung”
    (bingung kalo ada masalah, bingung kalo ga ada masalah jadi ga ada kerjaan)
    *sorry, ni ttg diri gw sendiri hehe…
    ada juga yg di technical (ngitung2 mulu), kyk process eng di EPC
    masalahnya, cita-cita gw terlalu simpel : jadi orang kaya
    repot kan? ;p

    • upieks permalink*
      July 21, 2009 8:29 am

      bingung kalo ada masalah, bingung kalo ga ada masalah jadi ga ada kerjaan

      huaaa… ini gue banget.

      makanya nulis blog ini juga buat menyibukkan otak… hehehehe… piss, akhir2 ini jadi agak malas…😦

  4. RAJIV permalink
    December 9, 2009 3:26 pm

    Salam kenal bu Upi,

    mungkin saya orang yang jauh lebih awam dari bu upi he2….
    artikelnya keren2 bu,bagus bangetz buat kita2 orang yang jauh lebih awam dari bu upi he2…

    boleh bagi ilmunya ga bu?(baru kenal udah minta2 yak,he2…)

    Bu,bisa bantu saya belajar ttg hydrotest utk valve,perlu pencerahaan ni bu..

    Mkasi y bu upi…

  5. Frost Monfrise permalink
    February 18, 2010 12:12 pm

    Saya Juga Baru lulus…
    sekarang ada di perusahaan contractor…
    punya cita2 bikin provider Engineer….
    sangat bagus prospeknya untuk Proyek onshore & offshore..
    btw mbak punya software terbaru untuk process engineer..
    mungkin mbak bisa bantu…
    karena software yang saya punya versi 3.01…
    padahal Generasinya sudah sampai versi 7…
    Mohon dipertimbangkan…thanks B4

    Ferry

    Process Engineer Ocean Pile Mandiri, pt

  6. Gatot Hendarjo permalink
    October 8, 2010 3:51 pm

    Senang sekali ada engineer muda yang sudah rajin membagi ilmu. Apalagi ini dari ITS.

    Sebagai orang tua saya ikut berdoa untuk keberhasilan Upi. Semoga engineer yang lain dapat mengikuti contoh dalam ide dan kepeduliannya

Leave a Reply

