Skip to content

kebakaran kebakaran…

December 31, 2008

percaya atawa gak percaya… api dan ledakan a.k.a fire and explosion adalah salah satu penyebab terbesar kecelakan. kalo kita mau menghindari kecelakan yg disebabkan oleh begajulan dua itu… mgkn ada baiknya kita kenal dulu apa sih dibalik begajulan dua itu.

apa sih fire and explosion itu? apa bedanya?

Fire/combustion sebenernya adalah reaksi oksidasi eksotermic (mengeluarkan/menghasilkan panas) cepat dari sebuah fuel yang terignisi (terpantik). fuelnya sendiri boleh berbentuk solid, gas, liquid.

Ledakan adalah gas yang terexpansi secara cepat yg dihasilkan dari pressure/shock wave yg bergerak secara cepat mak wuk. 

Random facts:

  • – Combustion selalu muncul pada fase gas, suatu liquid harus menguap dan menjadi gas dulu, dan solid terdekomposisi menjadi vapor sebelum combustion.
  • – beda kebakaran dan ledakan sebenarnya ada pada rate of energy release. Kalo kebakaran release energynya pelan-pelan, sedangkan ledakan kebalikannya, cepat, biasanya dalam microseconds. kebakaran bisa menghasilkan ledakan, dan ledakan bisa menghasilkan kebakaran.
  • – Ledakan terdiri dari 2 jenis. Karena mechanical (misal: ada vessel yg rupture karena pressurized scr tiba2) dan karena rapid chemical reaction.
  • auto ignisi berarti si zat yg flammable tadi mencapai kondisi (tekanan dan temperature) dimana zat tersebut bisa terbakar dengan sendirinya tanpa perlu ignisi.
  • – Mechanical explosion biasa melibatkan vessel2 yang mengandung gas dengan high pressure dan bersifat non reaktif.
  • Flash point adalah temperature terendah pada saat dimana suatu liquid menghasilkan vapor yang cukup untuk menghasilkan nyala sesaat dr campuran bahan bakar dan udara dan ignition. Gas yg bisa di ignite yg akhirnya akan bercampur dengan udara. Flash point akan meningkat dengan meningkatnya tekanan.
  • Fire point adalah temperature terendah pada saat dimana suatu vapor yang ada di atas suatu liquid akan terus menerus terbakar sekalinya terignite. Fire temperature berada diatas flash point.

Coba bedakan antara flash point dan fire point. Dengan menggunakan diagram hub antara konsentrasi dengan temperature mungkin akan lebih membantu.

  • Flammability limits adalah batas2 dimana pada range diantara batas2 tersebut si vapor-air mixture bisa terignite dan terbakar. Batas terendahnya adalah Lower Flammability Limit, batas terbesarnya Upper Flammability Limit. Ketika berada dibawah LFL atau di atas UFL maka zat tidak akan combustible.
  • Deflagration adalah ekplosion dimana kecepatan reaksi lebih kecil daripada kecepatan suara. Sehingga suara terdengar dulu baru terasa ledakannya.
  • Detonation adalah eksplosion yang kecepatan reaksinya lebih besar dari kecepatan suara. Sehingga ledakan itu terasa lebih dahulu baru suara ledakan terdengar.
  • Confined Explosion adalah eksplosion yang terjadi didalam sebuah vessel ataupun didalam sebuah gedung.
  • Unconfined Explosion adalah eksplosion yang terjadi di open air
  • BLEVE = boiling-liquid expanding-vapor explosion akan muncul ketika ada vessel yang mengandung liquid yang temperaturenya diatas temperature boiling point(vapor pressure tertentu)

apa sih SEGITIGA API itu?????

Konsep dasar terjadinya kebakaran atau ledakan, ada di segitiga api… lihat deh gambar dibawah…

[gambar 1.segitiga api]

Sekali tiga sekawan ini hadir dalam waktu dan tempat yang sama dan pada jumlah yang cukup, maka sekali itu pula ledakan/kebakaran bisa muncul begitu ajah gak pake pamit2 atau permisi2. Maka jelas lah sudah, kalo gak pengen terjadi fire/kebakaran ya

  1. Jaga supaya ketiganya gak ketemu sebisa mungkin (salah satu gak ada, AMAAAAN)
  2. Kalaupun ada pastikan jumlah fuel/O2/kekuatan energy pemantik kurang/tidak cukup untuk menjadikan api.

Biasanya sih cara berpikirnya bergeraknya dari sumber flammable/combustible material. Ada gak? Ada, ya dijaga jauh dari O2, caranya purging, hindari liquid pool, dll. atau menjaga tidak ada ignisi.

Contoh2:

Fuel:

  • Liquid             : gasoline, acetone, ether, pentane
  • Solid                : plastic, wood dust, fibers, metal particles
  • Gases               : acetylene, propane, carbon monoxide, hydrogen.

Oxidizer:

  • Gases               : O2, Fluorine, Chlorine
  • Liquids           : hydrogen peroxide, nitric acid, perchloric acid,
  • Solid                : metal peroxide, ammonium nitrite

Ignition Source

  • Sparks, flames, static electricity, heat.

FLAMMABILITY CHARACTERISTIC OF LIQUID AND VAPORS

a. LIQUIDS

Satyanarayana dan Rao di Journal of Hazardous Materials (1992) menunjukkan bahwa flash point temperature untuk pure materials memiliki keterkaitan dengan boiling point liquid. untuk liquid bisa menggunakan apparatus opened vessel aparatus dan closed one.

b. GAS/VAPOR

untuk gas dilakukan percobaan menggunakan closed vessel apparatus. sehingga tidak ada yg bocor kemana2 (infact kita butuh menetapkan komposisi si vapor tersebut, beda dengan pada kasus liquid dan solid)

untuk mixtures ada formula buat nyari LFL

under construction

4 Comments leave one →
  1. Razzz permalink
    October 27, 2009 8:50 am

    Mbak Upieks,

    Wah web nya makin mantabs dan asik buat belajar nih..
    Jangan dicampur2 ya antara combustible dan flammable..hehe
    Kalo combustible fluid: fluid dgn flash point > 100 F. Combustible fluid pada umumnya berbentuk liquid. Sehingga butuh panas untuk terjadinya pembakaran – vaporize liquid tsb.
    Flammable fluid: flash point < 100 F. Jd ya jika ada ignition sources bs langsung terbakar (telah terbentuk fasa vapor, jika berwujud liquid).

    Terus ada jg VCE (vapor cloud explosion) sering disebut2 di area process safety. Texas city refinery accident jg terjadi karena ada VCE itu. Untuk itu pentingnya mengetahui LFL-UFL saat simulasi dispersi pd vent system.

    Mantabs nih neng upieks!

    • upieks permalink*
      October 27, 2009 12:38 pm

      Pak Razz…
      makasi atas komennya…
      waktu menulis artikel ini justru saya baru belajar bahwa combustible itu beda dari flammable. seingat saya saya tidak mencampurkan kedua term itu. dan pun ketika saya baca lagi postingan saya ini. mohon diberi pencerahan, bagian mana yang terasa mencampurkan. mgkn memang saya yang salah, mgkn juga salah redaksi sehingga terkesan seperti sama. biar segera saya betulkan.🙂 terimakasih…

      artikel ini belum bener2 rampung… hahahaha… maap… abis pas baca kedistract yang lain.😦 dari pada gak kebagi juga ilmunya, karena nunggu selesai, ya udah dipaksa ngupload padahal belum selesai.

      monggo kalo Pak Razz mau share… insya allah sangat berguna…

  2. Razzz permalink
    October 27, 2009 2:07 pm

    Sekadar mengingatkan saja kok neng upieks..hehehe…
    Kan di atas tidak disebutkan perbedaannya. Jadi nanti takutnya ketukar tuh.hehe.. NFPA 30 bagus utk referensi.

    Wah saya bukan penulis handal nan pintar kyk neng upieks.hehe.. Saya lewat komen2 aj deh sharing nya. Maklum msh perlu byk bljr jg..

    • upieks permalink*
      November 5, 2009 4:54 pm

      ok. sip. makasi Pak Razz.
      kalo gue ada waktu dan sedang on fire, ntar deh di benerin dan dilengkapi segalanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: