Skip to content

fluid catalytic cracking (FCC) process

May 14, 2008

cuman mau menulis ulang saja apa yg saya mengerti.

Apa sih FCC itu?

Dalam dunia perpetroleuman, cracking adalah process dimana zat organic kompleks seperti misalnya kerogens atau HC dipisahkan menjadi lebih simple, seperti menjadi HC fraksi ringan, dengan memecah ikatan-ikatan rantai C. Rate reaksi sangat bergantung terhadap temperature dan keberadaan katalis.

Pada refinery yang modern, proses (FCC), adalah yang umum digunakan. Pada awalnya katalis yang digunakan adalah katalis berbahan dasar alumina. Katalis tersebut biasanya didapatkan dengan meng-crushing batu pumice yang biasanya mengandung Aluminium Oksida, hingga menjadi bongkahan-bongkahan berpori. Hanya saja katalis ini sangat low activity. sehingga saat ini katalis yang sering digunakan adalah yang sangat aktif, yaitu yang berbahan dasar zeolite.

Process kontaknya pun singkat, dalam sebuah pipa yang vertical dan berslope (naik) yang disebut riser. Feed yang sebelumnya di panaskan di spraykan kedalam dasar riser melalui nozzle feed dimana zat yg akan dicracking dikontakkan dengan katalis fluidized bed, yang panas banget, yang difluidisasi. suhunya sampe 665-760 oC. Katalis yang panas tadi menguapkan dan mengkatalisasi reaksi cracking campuran katalis dan HC mengalir ke atas melalui riser dalam waktu beberapa detik dan kemudian campuran tersebut dipisahkan dengan catalist disengager/cyclone. Dan katalis yang dipisahkan bisa diregenerasi kembali, untuk kemudian segera digunakan kembali. dari singkatnya, proses penggunaan-pemisahan-regenerasi katalis itu bisa dikatakan prosesnya kontinus.

Gasoline yang diproduksi dalam unit FCC memiliki bilangan oktan yang tinggi hanya saja secara kimia kurang stabil karena profil olefinnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, FCC itu untuk mengkonvert distilat fraksi berat dan residu menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Termasuk di dalamnya memproduksi selective propylene pada saat dibutuhkan.

banyak perusahaan licensor FCC. salah satunya adalah shell. processnya dinamakan Shell FCC process. EPC comp tempat gue kerja juga punya, tapi … mending gak dibahas disini… karena gue takut salah sebut. hehehehe…

Apa bedanya shell FCC dg yg lain?

gue bukan mau mempromosikan. hanya saja bila suatu saat nanti gue punya data ttg FCC licensor lain, yg bisa gue share, bakal gue share. dan kita bisa bandingkan bersama.

Dalam proses yang dipropose shell, system nozzle feed milik Shell yang memiliki performa tinggi bisa memasukkan HC ke dalam Riser (risernya punya waktu kontak singkat), sehingga ngejamin pencampuran HC sm katalisnya yg panas bagus, dalam artian, tidak terlalu berlebihan tercracking. dan selain itu, vaporisasinya jg jadinya cepat karena katalisnya panas.

shell memiliki system nozzle2 feed dan proprietary risers-internals, yg menjadikan selektivitas cracking  itu juga jadinya naik, dan mencegah tercampurnya kembali katalis ketika terjadi pengurangan Pressure drop pada overall riser.

Design terakhir risernya sudah mencakup cyclone close-couple yang dipercaya dapat memprovide pemisahan katalis dengan HC dalam waktu yang singkat. Hal itu meminimasi post-riser-cracking dan memaksimasi yield produk yang diinginkan, dan tanpa keharusan adanya pembersihan slurry. Proses stripping dimulai di dalam cyclone pertama dan diikuti dengan struktur baffle dengan kapasitas tinggi.

Sebuah Regenerator dengan single state partial maupun full burn, mendeliver performa reaksi yang ok dengan biaya yang sangat rendah. Proprietary internals digunakan pada inlet katalis untuk mendispersi katalis, dan outlet katalis untuk menikatkan siklus katalis. Pendingin katalis dapat ditambahkan untuk fleksibilitas feedstock.

3 Comments leave one →
  1. toni permalink
    December 22, 2008 10:45 am

    mas, saya mau tanya, kebetulan jg lagi belajar2 dikit:

    1. Dalam pembentukan FCC, diperlukan suatu FRCC (fluid recidu catalytic cracking) Catalyst. Pertanyaan saya, apa raw material dari FRCC tersebut? berapa harganya? dan berapa satuannya untuk membuat FRCC 1 ton (misalnya)

    2. Berapa kira2 biaya dalam pelaksanaan cracking tsb?

    Terima kasih

    -toni-

  2. Djoko permalink
    February 23, 2009 5:03 pm

    mbak upieeks..klo itu general process untuk FCC sama aja…klo ada gambarnya lebih bagus mbak upiks
    @toni
    RFCC maksudnya? bukannya raw materialnya dari residu dari distillasi CDU.

  3. tuti karolina permalink
    March 15, 2010 9:09 pm

    aq mw nanya,sebenarnya produk fcc tuh ap az sih….n olefin itu sendiri produk dari fcc bukan?dam kandungan jenis olefin apa yach yang paling banyak…thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: