Skip to content

BBB=bukan bahan bakar biasa=bahan bakar buatan=synthetic fuel

April 17, 2008
by

atau biasa disingkat synfuel.

hehehe…

eniwe indonesia rayah tercinta ini kan akhir2 ini agak kesusahan dalam hal memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri seiring dengan naiknya harga minyak luar negeri, sehingga ada kecenderungan untuk ngejual minyak keluar negeri… trus lagi ada issue menipisnya minyak, kenapa tak terfikir mencari bahan bakar baru(BBB)???

nah ini gue mau cerita sedikit, recently gue diassigned diproject di South Africa(SA).gue gak gitu ngerti-ngerti banget ttg dunia perminyakan di SA, tapi yg gue tahu, setiap harinya hampir 4 jam sekali di SA pasti ada pemadaman bergilir. dan di berita2 sini bilang bahwa sebenarnya SA mengalami masalah dalam hal penyediaan bahan bakar untuk menghidupi electricity. mirip dong sama indonesia???

hubungannya dg project yg gue tangani, ada satu unit yg bernama unit synfuel. sebenarnya adanya unit ini berangkat dari keprihatinan bahwa SA tidak memiliki sumber minyak bumi yg sangat gigantic, hanya saja mereka memiliki banyak batu bara. sehingga dari situ mereka mulai berfikir untuk mencoba membuat bahan bakar liquid dari batu bara. nama prosesnya CTL = coal to liquid.

maka dari itu gue pengen cerita tentang proses CTL ini sendiri. secara garis besar saja…

under construction

No comments yet

Leave a Reply

