Skip to content

HEAD yg bikin pusing…

March 17, 2008
by

HEAD vs Pressure

Para process engineer lebih suka membicarakan pressure dalam bentuk head. Karena pressure apapun akan lebih kebayang dalam kenyataannya yaitu dalam kolom liquid. Selain itu juga, dalam system perpompaan, densitas liquid berapapun head selalu sama. Ini berarti mau apapun jenis liquidnya, pompa itu akan tetap bisa mengalirkan dg head yang sama, asalkan laju alirnya tetap. Sehingga head pressure sangat menunjukkan karakter pompa.

Akan tetapi para operator dilap, tidak terlalu tertarik dg head. Kenapa?? Simply, karena indicator yang tersedia dilapangan adalah yang berbentuk pressure indicator bukan head indicator (emg ada??). Sehingga para operator lebih terbiasa membayangkan dalam bentuk pressure.

Apa sih head itu?

Kalo gue yang jawab, simply, HEAD adalah kepala🙂 , adalah bentuk meter pressure, bisa pressure apapun. Jadi kalo dilihat dari persamaan pressure, untuk memeterkan pressure simplenya adalah membaginya dengan densitas dan gravitasi. lebih detailnya coba di cek gambar 1 dibawah.

Kalo kata mbah GPSA: Liquid yang mengalir dalam tinggi kolom tu equivalent dengan energy : dlm pressure, velocity, atau ketinggian diatas datum. Total dari ketiganya itu disebut total Head. Head juga bisa digunakan untuk mengekspresikan perubahan energy seperti friksi, equipment total head, dan acceleration head.

Acceleration Head  : equivalent dengan perubahan pressure karena perubahan velocity dalam system perpipaan.

[gambar 1: persamaan pressure dan head]

persamaan-presure-dan-head.jpg

Buat gampangnya, ni dari artikel pak cahyo hardo: (Lihat persamaan 2 dari gambar 1)

[gambar 2 : HEAD dan pressure]

head-vs-pressure.jpg

Ini berarti semakin ringan suatu zat, tekanan di PI semakin kecil. dan dari rumus no 1, gambar 1 terlihat bahwa tekanan sebanding dengan h. sehingga sebagaimanapun wadahnya, bila ketinggian liquidnya sama, maka pressurenya sama… buat nginget2 bisa dibaca deh fisika sangat dasar sekali…

Coba deh dilihat gambar 3 berikut…

[gambar 3 :pressure dan level]

pressure-vs-level.jpg

Pada gambar 3 itu selama densitasnya sama diketiga wadah, atau bisa dikatakan selama liquidanya sama, PI pada akan menunjukkan angka yang sama karena memiliki h yang sama.

Selesai dg head dan pressure… HEAD gak bikin pusing lagi kan???

One Comment leave one →
  1. January 21, 2010 1:48 am

    terima kasih… atas artikelnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: