Skip to content

siklus refrigerasi muter2 kayak kentut…

September 17, 2007
by

wkt kuliah gue paling gak ngerti termo…trus gak sengajanya pas TA malah dibimbing sm dosen termo yg br dateng dr Jepang… Pak Gede Wibawa. dosen yg akhrnya jadi salah satu dosen yg gue kagumi. dia yg bikin gue mau dealing w/ termo mau gak mau.gmn nggak, gue disuruh jadi asisten kuliahnya, ngoreksi hasil ujian dan tugas, terpaksa jadinya harus ikut kuliahnya lg biar tau apa termo itu. (hehehe..gak penting yah latar belakang yg gue pake adalah latar belakang gue…hihihi)

salah satu yg ada ditermo tu siklus refrigerasi…sistem yg sgt dibutuhkan dibanyak chemical plant ataupun Natural gas proses, atau yg berhubungan dg petroleum refining. sistem ini inti penggunaannya adlh untuk mendinginkan sesuatu…

knp siklus??krn gak beli lgsg buang…tp diolah lagi buat dipake lagi…

knp kok gak dibuang???krn biasanya pendingin tu mahal banget…

knp begitu rumit??nah ini yg gue gak ngerti knp…

mari coba bahas…ada apa sih dg fenomena(ceileh…fenomena) refrigerasi…???

apa sih refrigerant itu???

refrigerant adalah fluida yg digunakan untuk mengambil panas, yg berarti dia harus berupa zat yg lebih rendah temperatur dan tekanannya…

pic 1.

diagram-fase.png

sebelum kita ngobrol masalah refrigerant lebih lanjut, mari ingat2 lagi diagram fase diatas…bila diambil suatu titik di phase liquid, maka akan didapat suatu tekanan dan temperatur tertentu. dan bila tekanan diturunkan maka akan didapat gas, bila temperatur diturunkan maka akan didapatkan solid.

pemilihan refrigerant biasanya berdasarkan kebutuhan temperatur, ketersediaan, pengalaman masa lalu, dan ekonomis, hal ini karena refrigerant mahal, yg juga akhirnya membuat sistem pendinginan ini di sikluskan. membeli dan membuang sangat menghabiskan uang. wish seandainya makanan jg bs di sikluskan, murah kali ya…beli, makan, dikeluarkan ampasnya, diolah dimakan lagi… wekekek… YUMMI YIKES UH!

siklus refrigerasi cmn memainkan pressure dan temperatur refrigerant. buat jelasnya liat gambar berikut yah…

gpsa1.jpg

sumber gambar dr GPSA.. 

awal siklus tersebut di titik A. dgn P dan T tertentu. kemudian masuk ke valve ekspansi. yg berarti di perbesar volumenya. otomatis akan menurunkan P dan otomatis menurunkan T bahkan bs berubah fase dr liquid menjadi gas sebagian. inget2 aja persamaan gas ideal (P . V = n . R . T)

kemudian masuk ke dalam evaporator untuk dipanaskan. dalam hal ini point of viewnya adlh point of viewnya si refrigerant (yg diputer2 supaya bisa dipake lagi). kalo dlm point of viewnya zat yg akan didinginkan evaporator ini berfungsi sebagai pendingin. inti processnya adalah menyerap panas dr zat yg akan didinginkan, tanpa menghasilkan perubahan signifikan tekanan refrigerant, secara otomatis temperaturenya naik dong, dan fase si refrigerant diharapkan seluruhnya gas.

setelah itu process selanjutnya adalah dikompressi…kebalikkan dr ekspansi, dia mengecilkan volume gas yg akan menaikkan tekanan dan secara otomatis pula temperaturnya ikutan naik melebihi temperatur udara, fase masih gas.

baru deh masuk ke dalam condensor supaya bisa diubah menjadi liquid lagi dan temperaturnya rendah lagi,

inti dr seluruhnya ada di evaporatornya, tempat mendinginkan zat yg akan didinginkan dan di kondensornya untuk mendinginkan kembali si refrigerant. hanya saja tanpa kehadiran kompresor dan expander, siklus itu hanya akan berakhir sama dg membeli dan membuang karena cost yg sama tingginya.

sebenernya penjelasan yg lebih detail ada dibuku thermo manapun… di GPSA juga ada. gue juga dr GPSA itu baru sedikit mengerti… sekali lagi, ini semua gue cmn tulis ulang dr hasil pengertian gue selama ini ttg refrigerasi… kalo ada yg gak berkenan masi dibahas bersama… sapa tahu saya yg gak bener…

7 Comments leave one →
  1. adam permalink
    May 3, 2009 8:08 am

    apakah dalam system siklus refrigeration antara suhu dan tekanan selalu sebanding,.
    mengapa demikian??
    dalam keadaan yang bagaimana refrigerant mengalami masa saturated….

  2. ahmad fauzi permalink
    November 26, 2009 7:30 am

    bang mau mnta tolong dong kasih data atau infprmasi tantang mesin pendingin soal saya juga lagi ngambil tugas akhir tentang mesin pendingin tolong ya klo da krim ke saya saya mau tau lebih banyak n belajar lagi nie….mksh sebelum nya

    • upieks permalink*
      March 4, 2010 8:08 am

      ahmad fauzi,

      data atau informasi seperti apa yg dibutuhkan?
      sudah membaca literaturnya?

  3. abadi permalink
    February 28, 2010 10:55 am

    sama masih tentang mesin pendingin, judul tugas ane ngambil tentang alat pengaman mesin pendiingin, tlong dong ente kasih masukan/info/materi/catatan/yang lain deh demi menunjang tugas ane…..
    makasih…….

    • upieks permalink*
      March 4, 2010 8:09 am

      abadi,

      ente butuh masukan seperti apa?
      yang ada ane yg nanya… pengaman mesin pendingin ini apa maksudnya?
      kalo memang ane bisa bantu si insya allah ane bantu… hanya saja lebih partikular, dimana ane bisa bantu?

  4. david permalink
    May 7, 2010 10:34 am

    bagus dan menarik ……

    bagai mana kalau cara kerja heat pump

  5. sastri permalink
    July 22, 2010 2:13 am

    hahaha.., kentutnya neng upieks ternyata muter-muter kayak siklus refrigerasi yah.. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: