Skip to content

PRV-pressure relief valve

August 27, 2007
by

bicara soal safety selalu mengundang byk kerutan dimuka…

pertanyaan kok gini kok gitu, dan yg pasti smp detik terakhir keputusan dtg, masih menyisakan rasa gak yakin. bener gak ini udah aman? seharusnya emg begitu bkn? karena safenya suatu pabrik ada ditangan engineernya.

gw gak bakal ngebahas segala sesuatu yg berbau perhitungan…that’s ur bussiness guys. gue cmn pengen menuliskan ulang segala sesuatu yg berhub dg konsep. gue jg gak yakin, gak ngrasa bener, tp justru karena itu gue pengen ngebahas segala sesuatu yg gak gue yakinin itu, spy gue bs yakin…nah loh?

pertama yg harus dbahas pada saat membahas pressure relief adalah untuk apa tentunya PRVs itu dipasang.

buat yg emg gak pernah dgr dan tau PRV, bayangkan ajah sebuah pabrik, dg P dan T tertentu dimasing2 alat, dan dg kemampuan alat tersebut menahan pressure dan temperatur itu. gampangannya ada balon, diisi udara. sekuat apapun balon itu melar, pasti dia pnya batas sendiri untuk menahan pressure yg menekannya. apalagi alat2 pabrik yg gak bs melar, membutuhkan perlindungan khusus.

pressure dan temperatur mmg sudah diusahakan sebaik mungkin untuk dijaga tidak melebihi operating pressure apalagi melebihi pressure yg sanggup ditampung oleh si vessel. selain itu jg ada control valve yg digunakan untuk mengontrol tekanan tp namanya namanya…tetep aja ada kemungkinan si pressure tetep naik menekan dinding vessel dan BUM! tiba2 seluruh vessel mbledug.

mau tau apa aja yg mungkin bs menyebabkan overpressure?

sebelum itu kudu ngerti standard international buat ngedesign PRV tuh nggak memperhitungkan penyebab2 yg double jeopardy(yg disebut penyebab2 overpressure yg unrelated adalah penyebab2 overpressure yg gak punya rantai mekanik dan elektrik diantaranya, atau yg waktu antaranya cukup bs bikin mereka dikatakan gak berhub). misal terjadi kebakaran (diluar vessel) dan dlm wkt yg bersamaan tu operator salah melakukan sesuatu sehingga menyebabkan tiba2 keluaran dr vessel tersebut keblok… nah ini yg disebut double jeopardy. kalo EPC sih dibolehin gak ngitung rate yg harus ditanggung untuk kedua penyebab ini. tp semua kembali lagi terserah klien. apakah mau diperhitungkan juga atau gak. dan harus ada hitam diatas putih yg resmi.

Nah penyebab overpressure ini based on API (American Petroleum Institute) 521 (Guide for pressure reliefing  and depressuring systems) adalah:

API RP 521 Item No.

Overpressure Cause

1

Closed outlets on vessels

2

Cooling water failure to condenser

3

Top-tower reflux failure

4

Side stream reflux failure

5

Lean oil failure to absorber

6

Accumulation of noncondensables

7

Entrance of highly volatile material

8

Overfilling Storage or Surge Vessel

9

Failure of automatic control

10

Abnormal heat or vapor input

11

Split exchanger tube

12

Internal explosions

13

Chemical Reaction

14

Hydraulic expansion

15

Exterior fire

16

Power failure (steam, electric, or other)
Other

sebaiknya seorang process engineer yg baik budiman harus memiliki tabel serupa diatas untuk ngecek. sehingga akan meminimalisasi kesalahan kelewatan gak memperhitungkan salah satu sebab.

penjelasan yg lebih mendalam dpt diperoleh dr API 521 td.

2 Comments leave one →
  1. Edi Hamdi permalink
    September 3, 2007 11:26 pm

    wah, ada process engineer rek nih. good idea punya blog khusus macam nii. ada diskusinya tak?
    mengapa tak dibahas pula MAWP equipment sebagai bahagian penetapan set PRV?

    enjoy working in EPC ya!

    salam,
    one of ex-rek (1997-2007)

  2. upieks permalink*
    September 4, 2007 6:08 am

    hi..salam kenal kang…

    diskusi terbuka untuk umum…

    monggo kang edi hamdi bila mau memulai…

    ttg MAWP sebenernya juga ingin dibahas…hanya tidak dlm 1 postingan…bertahap…karena terlalu kompleks.

    saya sendiri frame berfikir ttg PRVnya masih jauh dr sempurna. masih belajaran. banyak salah disanasini. jadi saya sendiri masih gamang ttg tahap2 untuk menerangkan ttg PRV. saya potong2 saja sekenanya…

    justru itu…perlu sepertinya bimbingan kang edi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: