Skip to content

pressure reducer vs back pressure regulator

April 30, 2007
by

ini gue baca dr artikel oleh Arief Rahman Thanura, dan Nugroho Wibisono,”pressure reducer versus back-pressure regulator” sekedar gue tulis ulang dg bahasa gue ndiri, dan apa yg ada dlm pengertian gue …kalo salah, gak nyambung, yg salah gue, lemot dan bolot…jadi mohon dibenerin…here we go…

pressure-reducer.jpg

industri yg sdh sgt canggih pasti membutuhkan banyak kontroller yg canggih2 salah satunya pressure controller…infact controller yg canggih2 itu sebenernya tdk lebih canggih dr magic…it’s simple…hehehe(gue sok bgt yah…)

nah…3 elemen penting yg gue tau yg harus ada dalam persisteman kontroler tekanan,

  1. elemen pengukur,mengukur yg akan dikontrol/disturbance, hasilnya akan dikirimkan ke pengontrol digambar diatas tu PT/biasanya PE.
  2. elemen pengontrol, yg menghitung perbedaan antara proses variabel(yg terukur) dg set point (yg diinginkan) yg dikalkulasi berdasarkan algoritma tertentu (PID) hasilnya akan diteruskan berupa aksi ke elemen pengendali akhir, di gambar di atas PIC.
  3. elemen pengendali akhir, biasanya berupa control valve, digambar di atas itu yg simbolnya PV.

ngomong2 soal pressure reducer dan back pressure regulator ini perbedaannya terletak pada bagian mana akan dikontrol tekanannya…bag upstream (dalam hal ini sebelum) atau downstream(yg setelah instrument).

pressure-reducer-2.jpg

pd pressure reducer kita mengukur sesuatu yg sebelumnya akan melewati control valve terlebih dahulu…hal ini berarti kita akan mengontrol sesuatu yg diupstream atau setelah control valve.

contohnya pada gambar berikut, pd pipa gas, yg akan kita kontrol adalah bagian upstream, trus kita taruh sensor elemennya di bag upstream itu spt digambar, ini berarti sistem tersebut adalah pressure reducer…

contoh-pressure-reducer.jpg

namun tidak selalu kita harus menggunakan pressure reducer u/ mengontrol sesuatu…kita bs saja menggunakan backpressure regulator

untuk back pressure regulator adalah lawan pressure reducer. kita akan mengontol bagian downstream. bisa dilihat digambar hbs ini…

back-pressure-regulator.jpg

contohnya

contoh-back-pressure-regulator2.jpg

contoh-back-pressure-regulator.jpg

pressure reduser-back pressure regulator gak sama dg feedback-feedforward instrumentation gitu…

feedback-feed forward itu dibedakan berdasarkan apa yg diukur bkn dimana yg akan dikontrol…

feed back tuh yg sensor digunakan untuk mengukur yg akan dikontrol…misal kita akan mengontrol tekanan dlm bejana, maka sensornya dipasang di bejana dan yg diukur adalah pressurenya…

feed forward tuh yg sensornya digunakan untuk mengukur disturbance sesuatu yg akan dikontrol, dan aksi controller utamanya ditentukan oleh hasil yg didapat dr sensor tersebut.

14 Comments leave one →
  1. April 30, 2007 3:20 am

    okai2..tp ko mek thithik pik, lagi..lagi..lagi..
    hwalaahh..
    oia, yg mekanisme kontroling yg smpe dcs dong dbahas..goblok tenan ki ga ngerti2.. ^_^

  2. upieks permalink*
    April 30, 2007 3:42 am

    km kira aku jg ngerti???
    aku yo goblok pisan lek tentang iku…tp gpp…

  3. sulung permalink
    April 30, 2007 3:49 am

    pressure reducer/back pressure regulator beda dgn feedback/feedforward instrumentation. Pik aku blm paham tentang ini. apa ini sama dgn feedback/feedforward control. Karena keterangan tentang ini dibawah td tentang sistem control.
    setahu sy, kalo pressure reducer/back pressure regulator mmemang beda dgn feedback/feedforward control. Kalo feedback/feedforward merupakan jenis konfigurasi sistem control, yang konon ada 3 :
    1. feedback control
    melakukan pengukuran langsung controlled variable buat penyesuaian nilai manipulated variable, dgn tujuan untuk menjaga controlled variable pada nilai set point.
    2. inferential control
    menggunakan secondary measurement (krn controlled variablenya ngga bisa diukur) buat penyesuaian nilai manipulated variable, dgn tujuan untuk menjaga unmeasured controlled variable pada level yg diinginkan.
    3. feedforward control
    menggunakan pengukuran langsung disturbance (load) buat penyesuaian nilai manipulated variable, dgn tujuan untuk menjaga controlled variable pada nilai set point.
    lek pressure reducer/back pressure regulator iku ketoke dudu konfigurasi sistem kontrol. Opo iku jenenge instrument yo? lek aku ndelok neng kene, ono contoh pressure reducer yg digunakan nurunkan pressure steam. nggawe valve sing nggawe salah siji konfigurasi mau, jd mohon penjelasane sing luwih njlimet ya, ben aku ngga bingung maneh…:)
    nuwun…

  4. upieks permalink*
    April 30, 2007 4:06 am

    @sulung
    Hehehe…tadinya waktu aku baca artikelnya aku gak ngerti apa itu pressure reducer atau back-pressure regulator…iyah itu nama alat sistem pengontrolan kynya…awalnya pengertianku ketindih2 sm feedback sm feedforward…

    Kalo digambar P&ID itu kan kalo kita gak bener2 bs baca, mirip2 semua, dan yg beginian gak bakal ketahuan…

    Sapa tau ada yg bgg juga, aku masukkan kesitu..ternyata malah mbingungin yah bahasaku???dasar aku gak pinter nulisnya…maap…

    Aku juga kurang paham mengenai hubngan antara feedback-feedforward dg pressure reducer-backpressure regulator yg bener…apa pressure reducer-backpressure regulator contoh dr sistem konfigurasi feedback (krn yg dr artikel pengertianku seakan2 itu feedback) atau pressure reducer-backpressure regulator contoh dr sistem konfigurasi keduanya…aku kurang paham juga…kamu lung yg ngerti…kasih saya penerangan dlm hal ini…hehehe…

  5. sulung permalink
    April 30, 2007 6:29 am

    lha podo bingunge pik…lek ngono ayo podo2 nggoleki bareng2…:)
    tp sak pangertenanku sementara iki, pressure reducer/backpressure regulator iku jeneng instrument sing fungsine wis jelas koyo jenenge. lha instrument iku mau terdiri pressure control valve (PCV) sing nggawe konfigurasi sistem control feedback/feedforward, tapi mosok ngono yo…., lha kok tambah bingung hehe…:)

  6. upieks permalink*
    April 30, 2007 6:37 am

    @sulung
    yo wes lek ngono suwun yo…aku yo melok gak pede gini nih…
    emg yg mana yg mbggkan?bkne wes jelas yo?

  7. upieks permalink*
    April 30, 2007 6:38 am

    @sulung
    oia…
    ini tuh aku sorot karena aku bnr2 gak bs baca P&ID, dr hanya bekal P&ID, informasi apa ajah yg bs aku dptin…gitu…

  8. May 1, 2007 1:32 am

    Pik aku bingung pas baca tulisanmu ini, terutama pas baca komen-komennya karena pake bahasa Jawa hehehehe. Teu ngartos aing hehehe

    Buka-buka lagi jurnalnya baru sedikit lebih mengerti. Kasih link-nya aja Pik yg di milis migas …

  9. nugroho wibisono permalink
    July 8, 2007 10:18 pm

    mas, kebetulan saya adalah penulis artikelnya. saya pernah posting artikel ini disalah satu milis tukang instrumen dan yang saya herankan, banyak yg terbingung-bingung antara pressure reducer vs backpressure regulator dengan feedback control vs feedforward control. Padahal kalau kita sudah mengerti konsep pengendalian secara mendasar maka artikel ini hanya bernada tambahan wawasan saja. saya ada artikel lengkapnya, silahkan download sendiri http://migas-indonesia.net/download/40.html pada artikel nomor 5. semoga membantu. weby

  10. upieks permalink*
    July 19, 2007 1:04 am

    ya betul…
    saya termasuk salah satu yg gak langsung ngerti dan kecampur2 sm feedback feed forward..
    mgkn kalo org instrument uda pada ngerti, kalo org process atau chemical eng, belum tentu pak.

    hehehe…saya mbak, bukan mas.

    mohon bimbingannya pak. saya masih baru dan tanpa modal yg cukup.

  11. upieks permalink*
    July 19, 2007 1:05 am

    oia..terima kasih sudah dikunjungi pak weby..

  12. iqbal permalink
    October 6, 2007 8:09 am

    saya senang

  13. upieks permalink*
    October 22, 2007 1:58 am

    apaan senang?
    wekekek..

    saya juga senang…

  14. sastri permalink
    July 22, 2010 2:24 am

    neng upik sepertinya terbalik dalam menggunakan istilah “upstream” dan “downstream”. yang benar adalah:
    – control valve’s upstream = sebelum kontrol valve. jadi sebelum melewati control valve.
    – control va;ve’s downstrem = setelah control valve..
    begindang deh dong…

    nb: btw bahasanya asik and keren, ane suka ama bahasa ente dwehh..🙂

Leave a Reply

