Skip to content

bhopal, india…3des1984

April 23, 2007
by

time_bhopal.jpg

di bhopal ada sebuah pabrik pestisida, yg intermediate compoundnya dalam prosesnya adlh MIC. methyl isocyanate itu merupakan zat yg sangat berbahaya. beracun, volatile, reactive, dan flammable! mampus! beriberi dangerous!

dulunya wkt dibangun, bhopal berjarak 1,5miles dr pemukiman penduduk terdekat. tp setelah lama, para pekerjanya mulai membuat pemukiman baru yg dekat dr pabrik.

MIC td klo terpapar selama 8jam ke para pekerja, ambang batasnya hanya 0.02ppm. sampai 21ppm, akan menyebabkan iritasi dihidung dan tenggorokan. dan lebih dr itu bs mati. karena kerusakan respiratory.

bhopal-diagram_semcosh.gif

MIC mendemonstrasikan bahayanya physical properti. Titik didihnya pada atmosfer adalah 39,1 C, vapor pressurenya 348mmHg pd 20 C. dan ketika berupa gas, densitasnya 2kali densitas udara, jadi bs dipastikan MIC akan berada diground bila bocor.  MIC bereaksi scr eksoterm (mengeluarkan panas) dg air, walaupun rate reaksinya lambat, dg pendinginan yg kurang memadai, temperaturenya akan meningkat drastis dan akan segera mencapai titik didihnya dan menguap, sehingga tangki MIC biasanya diberi pendingin untuk menghindari masalah ini.

cerita ini dimulai dr sini…

pada saat itu unit yg menggunakan MIC sedang tidak beroperasi karena ada pemogokan kerja karyawannya. entah bgmn, sebuah storage berisi MIC dlm jumlah yg besar, terkontaminasi oleh air dan beberapa zat lain. sebagian MIC bereaksi dengan air dan suhu storage meningkat dan MIC yg lain menjadi uap. gas MIC tersebut kemudian mengalir melalui pipa2 yg tidak beroperasi, dan leaps keudara melalui sistem pressure relief. sistem ini adalah sistem yg sebenarnya ada untuk keperluan safety, dimana terdapat sebuah disc yg akan rusak/membuka ketika tekanan didalam sistem terlalu overpressure. MIC ini sebenarnya juga telah memasuki scrubber dan flare system yg diinstal untuk mengconsume MIC bila terlepas. tp pd saat itu keduanya sedang tdk dioperasikan.

alhasil, sekitar 25tons MIC yg beracun lepas dan menyebar menuju pemukiman warga, sedangkan pekrja tidak ada yg mati/pun injured. alat2 yg ada pun tidak rusak sama sekali.

alasan dan cerita bagaimana sebenarnya MIC ini keluar tidak diketahui. bila dikarenakan masalah proses, alat2 safety yg telah diinstal sudah memadai pasti akan menemukannya.

safety can cause big headache for any body if it’s not done properly.

3 Comments leave one →
  1. Rahma Yuvinta permalink
    April 24, 2007 8:49 am

    pik akhir dari cerita ini apa dampaknya bagi pemukiman warga?
    apa tindakan dari companynya n gimana juga peran pemerintah thd kejadian ini?

  2. upieks permalink*
    April 24, 2007 9:54 am

    korbannya lebih dr 2,000 penduduk disekitar pabrik mati…dan diperkirakan mungkin 20,000 org terluka.
    kalo peran pemerintah, yg pasti buat yg lgsg aku gak bener2 tau ming…mungkin keperaturan2 br dibidang industri.
    tp setauku bhopal jg termasuk yg menggugah dunia safety untuk merubah pandangan terhadap safety.

  3. May 1, 2007 1:39 am

    kalo gak salah pas nonton ten disaster in world industries or something like that in metro TV, ampe sekarang pihak company-nya (Union Carbide, CMIIW) masih membayar ganti rugi ampe sekarang. Dan a lil bit about the company, kayaknya ada sedikit kemunduran gara-gara tragedi ini …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: