Skip to content

amonia…

April 5, 2007

ini ilmu br yg bnrnya aq udah hrs ngerti sejak kuliah…tp krn slebor dan malesnya aku, aku br ngeh skg.

Apa sih amonia??? Amonia (NH3) itu termasuk gas alkalin yang tdk berwarna, lbh ringan dr udara,&punya aroma khas yg nyengat.  Amonia saat ini djdin bahan baku pupuk, abu soda, asam nitrat, nilon, plastik, pencelup, karet & most of peledak.  

 Pembuatan garam-garam amonia tu sdh dimulai sejak abad keempat Sblm Masehi. Nah gas amonia pertama kali diproduksi dalam bentuk komponen murni thn 1774 by Priestly.

Seiring berkembangnya zaman populasi penduduk semakin meningkat. Os-os-mas-is kebutuhan pangan jg meningkat. Pertanian & perkebunan berkembang jd bisnis yg menarik. Org2 mulai meneliti banyak hal, segala2  yg intinya dpt meningkatkan hasil pertanian. Tahun 1840, org2 mulai tau kalo nitrogen tu salah satu komponen penting dr pupuk mineral. & amonia merupakan sumber nitrogen utama yg digunakan dlm pupuk mineral tersebut. Sejak itu org2 mulai berusaha membuat amonia.  

Sintesis amonia langsung dr hidrogen & nitrogen yg u skala komersial pertama kali dirintis oleh Haber & Bosch thn 1913 yaitu dg kapasitas 30 metrik ton perhari di pabrik Badische Anilin und Soda Fabrik (BASF) di Ludwigshafen-Oppau Jerman. Proses tsb menggunakan peralatan dg kondisi operasi tekanan & temperatur tinggi dg katalis besi berpromotor yg smp skg msh digunakan sbg katalis sintesis amonia. Antara thn 1930-1950, penekanan pembuatan amonia ada pd bidang pembangkitan gas sintesis. Cadangan batubara di Eropa jd bahan utama bagi pembuatan amonia saat itu. Industri pembuatan amonia di Amerika Utara jg bergantung sepenuhnya trhd cadangan gas alam.  Tahun 1963 merupakan tahun dmn teknologi terbesar dlm pembuatan amonia digunakan. Pabrik Monsanto by The MW Kellog Company menandai digunakannya kompresor sentrifugal yg terintegrasi penuh dg sistem utilitas. Inovasi ini adl batu loncatan ke arah pembangunan pabrik-pabrik amonia terintegrasi berskala besar (berkapasitas 907 – 1500 ton perhari) yg dibangun dmn2 pd thn 1970.

Amonia punya berat molekul 17,03. Amonia ditekanan atmosfer fasanya gas. Titik didih Amonia –33,35 oC, titik bekunya –77,7 oC, temperatur & tekanan kritiknya 133 oC & 1657 psi. Entalpi pembentukan (H), kkal/mol NH3(g) pd 0oC, -9,368; 25 oC, -11,04. Pd proses sintesis pd suhu 700-1000oF, akan dilepaskan panas sebesar 13 kkal/mol.

8 Comments leave one →
  1. wibowyu permalink
    April 7, 2007 3:36 am

    Gimana ya commentnya. Amoniak gue banget tuu….
    Tapi juga lupa banget tuu…
    Baca blog upiek jadi ngingetin yang telah lupa.
    terus berkreasi &berprestasi pie

  2. inoenk permalink
    February 26, 2008 11:39 pm

    maybe we will more study chemistry if the articles have a picture

  3. upieks permalink*
    February 27, 2008 4:35 pm

    boleh2… great idea.

    kapan2 gue buat deh postingan ttg ammonia yang lebih lgkp…

    postingan yang ini dulu gue buat pas gue baru ajah belajar ttg ammonia dan gak terupdate.

    thx…btw

    dan keep visiting this blog to get more info of ammonia processing…

  4. Rio brOt permalink
    February 21, 2009 7:41 pm

    amonia?? udah bau truzzzz bikin pala temen gue pusing tuch

    • upieks permalink*
      February 23, 2009 11:06 am

      @rio brot
      huahahahahaha…
      bener banget…
      bauk banget
      hahahaha… coba… itu yg bauk yg mana??

  5. Kresna permalink
    May 7, 2009 2:09 pm

    Btw, pada limbah cair entah di gedung, rumah sakit atw industri “tersering” Amonianya pada tinggi tuh, diatas baku mutu. Sbnrnya apa sih yg membuat kadar parameter Amonia jd tinggi? sebabnya apa toh?

    • upieks permalink*
      May 18, 2009 4:23 pm

      pada limbah cair entah di gedung, rumah sakit atw industri “tersering” Amonianya pada tinggi tuh, diatas baku mutu.

      oia? gue baru tahu nih… thanks infonya…

      Sbnrnya apa sih yg membuat kadar parameter Amonia jd tinggi? sebabnya apa toh?

      kalo ngelihat limbah berarti kan buangan… kalo mau dipikir secara logika… limbah berasal dari sisa bahan baku/hasil produksi yg tidak diinginkan (kalo terjadi reaksi kalo nggak ya sisa bahan baku doang). berarti kalo nggak bahan baku si ammonia ini tinggi yg bisa menyisakan, kalo nggak ada reaksi yg ngebikin ammonia, dan dari keseluruhan proses si ammonia ini kebuang… sekarang yg jadi pertanyaan… kalo rumah sakit, kebaca la yah… bisa dari limbah obat2an atau apapun yg berkaitan dg pasien. kalo gedung? apa dari limbah urine? gak tahu nih… gak pada kapasitasnya bicara…

  6. December 25, 2010 12:10 pm

    hai saya mau nanya nih amononia itu berbahaya ngg’ ok makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: